Resep Tod Man Pla si Perkedel Ikan dari Thailand Yang Lezat - FoodShípǔ

Resep Tod Man Pla si Perkedel Ikan dari Thailand Yang Lezat

Share This
Resep Tod Man Pla si Perkedel Ikan dari Thailand Yang Lezat



Foodshipu - Tod Man Pla merupakan salah satu hidangan khas Thailand yang bisa dijadikan sebagai lauk tambahan atau bisa juga dinikmati sebagai cemilan disaat sedang santai. Secara sekilas, Tod Man Pla ini mirip dengan perkedel yang telah biasa kita kenal. Satu hal yang membedakannya dari perkedel adalah Tod Man Pla ini menggunakan bahan dasar berupa ikan tengiri. Selain memiliki cita rasa yang cukup lezat, makanan ini juga mengandung cukup banyak gizi karena berbahan dasar ikan tengiri yang kaya akan mineral penting. Berikut adalah Resep Tod Man Pla si Perkedel Ikan Dari Thailand Yang Lezat itu.


Bahan-bahan Untuk Membuat Resep Tod Man Pla


Sejumlah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Resep Tod Man Pla ini adalah,
-          500 gram ikan tengiri yang telah dihaluskan.
-          Gula pasir secukupnya
-          Garam secukupnya
-          ½ sendok makan akar ketumbar yang telah dihaluskan.
-          ½ sendok makan daun ketumbar yang telah dihaluskan.
-          75 gram buncis
-          5 lembar daun jeruk nipis yang diiris tipis-tipis.
-          2 butir telur.


 

Bahan Bumbu Halus Untuk Membuat Resep Tod Man Pla

Selain bahan-bahan utama, ada juga sejumlah bahan bumbu yang dihaluskan untuk membuat Resep Tod Man Pla. Berikut adalah sejumlah bumbu halus yang juga perlu disiapkan untuk membuat Resep Tod Man Pla.
-          1 sendok makan air jeruk
-          ½ sendok teh garam
-          1 sendok teh gula pasir
-          1 sendok teh terasi
-          8 buah cabai merah
-          7 buah bawang merah
-      5 buah bawang putih.




Bahan Pelengkap Untuk Pembuatan Resep Tod Man Pla

Untuk menambah cita rasa Tod Man Pla, maka bisa ditambahkan beberapa bahan pelengkap tambahan. Beberapa bahan pelengkap untuk pembuatan Resep Tod Man Pla adalah,
-          Saus manis
-          Sambal
-          Acar mentimun
  

Cara Pembuatan Resep Tod Man Pla

Setelah bahan-bahan untuk membuat Resep Tod Man Pla tersebut tersedia, maka kita bisa mulai untuk membuat Resep Tod Man Pla. Langkah pembuatan Tod Man Pla pun sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat Tod Man Pla.

  1. Bawang putih, bawang merah dan juga cabai merah digoreng tanpa minyak pada wajan panas hingga mengeluarkan aroma sangrainya.
  2. Campurkan bahan yang telah disangrai tersebut dengan terasi, garam dan juga gula pasir. Kemudian tumis bahan-bahan tersebut hingga mengeluarkan bau harum.
  3. Tambahkan air jeruk dan juga ikan tengiri. Masak hingga mendidih. Setelah mendidih lalu angkat.
  4. Tuangkan campuran tersebut ke dalam wadah. Masukkan juga telur, buncis, daun jeruk, akar ketumbar, daun ketumbar, gila dan juga garam. Aduk adonan tersebut hingga merata dan semua bahan tercampur dengan sempurna.
  5. Bentuk adonan tersebut menyerupai bentuk bulatan yang dipipihkan. Seperti halnya membuat adonan perkedel. Jika udah lalu goreng dengan menggunakan minyak panas hingga matang.
  6. Angkat dan tiriskan.
  7. Tod Man Pla pun siap untuk disajikan. Nikmati bersama dengan acar ketimun, sambal dan juga saus manis untuk menambah cita rasa yang menggugah selera.

Itulah Resep Tod Man Pla si Perkedel Ikan Tengiri khas Thailand. Makanan ini bisa disajikan sebagai cemilan dikalan menikmati suasan santai dan senggang ataupun bisa juga dijadikan sebagai alternatif lauk tambahan yang sangat bergizi bagi keluarga.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages