Olahan Tempe Bumbu Merah Nikmat Untuk Alternatif Masakan Keluarga - FoodShípǔ

Olahan Tempe Bumbu Merah Nikmat Untuk Alternatif Masakan Keluarga

Share This
Olahan Tempe Bumbu Merah Nikmat Untuk Alternatif Masakan Keluarga



Foodshipu - Tempe adalah salah satu jenis bahan olahan yang tidak asing ditelinga orang-orang Indonesia. Tempe menjadi salah satu bahan makanan yang cukup sehat karena mengandung protein nabati dalam jumlah yang cukup tinggi dan menyehatkan. Apabila dibumbui dengan racikan yang sesuai dan pas maka tempe bisa menjadi salah satu olahan masakan yang cukup menggugah selera. Salah satu kreasi yang bisa dilakukan adalah Olahan Tempe Bumbu Merah dalam bentuk tumis.

Resep Olahan Tempe Bumbu Merah ini sebenarnya tidak terlalu sukar untuk bisa dipraktikkan. Berikut ini adalah resep Olahan Tempe Bumbu Merah yang bisa dijadikan sebagai salah satu masakan lauk tambahan untuk mencukupi kebutuhan protein nabati yang menyehatkan.




Bahan Untuk Membuat Olahan Tempe Bumbu Merah




Berikut ini adalah sejumlah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Olahan Tempe Bumbu Merah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak sukar untuk didapatkan.
 




Bahan-bahan Utama
-          400 gram tempe
-          1 sendok makan rebon
-          2 sendok makan petai cina
-          4 lembar daun jeruk yang telah dibuang tulangnya
-          250 ml air
-           Sendok makan minyak goreng untuk menumis
-          1 lembar daun salam
-          /2 sendok the gula pasir
-          ½ sendok the garam
-          1 cm lengkuas yang telah dimemarkan

Bahan Bumbu Yang Ditumbuk
-          5 buah cabai merah keriting
-          1 cm kencur
-          2 siung bawang putih
-          4 buah cabai merah besar
-     5 butir bawang merah





Langkah Membuat Olahan Tempe Bumbu Merah
 




Persiapan Membuat Olahan Tempe Bumbu Merah :

  1. Potong tempe kecil-kecil sesuai dengan ukuran yang dikehandaki
  2. Masukkan minyak goreng ke dalam wajan yang telah dipanaskan. Masukkan potongan tempe dan goreng hingga berkulit. Lebih baik menggunakan api dengan nyala sedang.
  3. Jika tempe udah matang, angkat dan sisihkan ke dalam wadah tersendiri sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan yang lainnya.
  4. Siapkan wajan yang baru lainnya untuk memasak rebon. Panaskan wajan tersebut dan sangria rebon. Tidak perlu menggunakan minyak. Masak hingga matang secara merata dan kekuningan. Jika udah, angkat dan tiriskan.
 

Langkah Untuk Membuat Olahan Tempe Bumbu Merah :
 




  1. Tuangkan minyak sedikit saja ke wajan bekas menggoreng potongan tempe yang sebelumnya. Panaskan minyak goreng dengan menggunakan nyala api sedang.
  2. Tumis bumbu tumbuk yang telah disiapkan. Tambahkan bahan pelengkap seperti daun salam, lengkuas dan juga daun jeruk. Masak dan tumis bahan-bahan tersebut hingga layu dan berbau harum.
  3. Masukkan tempe beserta petai cina dan juga rebon yang telah disangrai. Aduk hingga merata. Tambahkan garam dan juga gula pasir. Aduk hingga merata dan semua bahan menjadi tercampur.
  4. Tambahkan air agar bumbu menjadi lebih larut dan merata. Masak hingga bumbu meresap dan kuah agak surut.
  5. Olahan Tempe Bumbu Merah pun siap untuk disajikan




Itulah resep untuk membuat Olahan Tempe Bumbu Merah yang memiliki cita rasa gurih dan menggoda. Selain mudah untuk dibuat, sajian ini pun menyuguhkan gizi dan kandungan protein yang cukup menyehatkan bagi tubuh.

Sebagai tambahan, akan lebih baik apabila Olahan Tempe Bumbu Merah ini disajikan dengan menambahkan taburan bawang goreng secara merata ketika dihidangkan. Sajian ini sangat cocok dinikmati selagi hangat dan bisa menjadi salah satu lauk alternatif tambahan untuk pemenuhan kebutuhan gizi dan protein harian yang diperlukan oleh tubuh.









No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages