Resep Ayam Goreng Bawang Putih Spesial - FoodShípǔ
Resep Ayam Goreng  Bawang Putih Spesial


Foodshipu - Ayam goreng merupakan salah satu jenis oalhan masakan yang cukup banyak digemari oleh setiap prang Indonesia. Hampir disetiap tempat kita bisa menjumpai olahan Ayam Goreng ini. Ayam goreng ibarat menjadi primadona. Hampir semua orang menyukainya. Dari anak-anak hingga dewasa cukup banyak yang menggemari masakan yang satu ini. Oleh karena itu, pada bahasan kali ini akan diulas mengenai Resep Ayam Goreng Bawang Putih yang tentu saja lezat dan special.

Masakan Ayam Goreng Bawang Putih ini merupakan salah satu jenis olahan yang cukup menggugah selera. Selain itu, Resep Ayam Goreng Bawang Putih ini pun juga merupakan hal yang mudah untuk dipraktikkan di rumah sehingga bisa menjadi salah satu sajian keluarga yang sangat pas. 

 


Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Resep Ayam Goreng Bawang Putih


Resep Ayam Goreng Bawang Putih ini tidaklah terlalu rumit untuk dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun bisa ditemukan dengan cukup mudah. Secara umum, pada tulisan ini kami menggolongkan bahan-bahan yang dibutuhkan ke dalam tiga bagian yang berbeda yakni Bahan Utama, Bahan Bumbu Yang dihaluskan dan juga Bahan bumbu pelengkap lainnya. Berikut ulasan untuk masing-masing tersebut,

 

Bahan Utama Untuk Ayam Goreng

Bahan utama untuk pembuatan Resep Ayam Goreng Bawang Putih  ini adalah berupa,
-          1 ekor ayam (kurang lebih satu Kilogram dan bisa untuk sekitar 8 porsi)
-          3 bongkah bawang putih, pukul hingga memar namun jangan sampai hancur
-          Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng


Bumbu Ayam Yang Dihaluskan
Resep Ayam Goreng Bawang Putih ini juga menggunakan bumbu ayam yang hadus dihaluskan. Beberapa bahan yang diperlukan adalah,
-          8 siung bawang putih
-          2 ruas kunyit
-          2 sendok the ketumbar yang telah disangrai
-          3 siung bawang merah
-          1 sendok teh jahe parut  

Bahan Dan Bumbu-Bumbu Pelengkap
Bahan-baha tambahan dan pelengkap yang dibutuhkan untuk menambah cita rasa lezat dan spesial pada Resep Ayam Goreng Bawang Putih ini adalah,
-          1 sendok teh garam
-          1 sendok teh maizena
-          1 sendok makan saus tiram
-          3 sendok the baking powder


Cara Membuat Resep Ayam Goreng Bawang Putih Yang Lezat Dan Spesial


Sebelum melakukan pengolahan Resep Ayam Goreng Bawang Putih tentu salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah proses pembersihan bahan utama. Untuk membersihkan ayam yang akan dimasak perlu dilakukan dengan cermat dan juga hati-hati agar menghilangkan bakteri dan dan kotoran-kotoran yang mungkin saja tertinggal di sana.


Membersihkan Bahan Utama Ayam Goreng


  1. Potong ayam yang akan diolah tersebut dengan ukuran sesuai selera. Buang dan bersihkan bagian-bagian yang tidak akan digunakan seperti jeroan dan atau lainnya. Setelah ayam itu dipotong-potong, masukkan potongan tersebut ke dalam wadah dan bawa ke tempat pencucian. Usahakan untuk mencuci potongan daging ayam dengan menggunaka air yang mengalir.
  2. Cuci bagian luar potongan ayam tersebut dengan air yang mengalir. Apabila terdapat kotoran yang menempel pada bagian luar potongan, segera bersihkan secara merata agar kotoran dan kuman bisa dibersihkan.
  3. Jangan lupa untuk membersihkan bagian sela-sela lemak ayam dibagian dalam. Bersihkan secara merata dan pastikan tidak ada kotoran yang menyelip.
  4. Setelah dicuci bersih, masukkan potongan daging ayam tersebut ke dalam wadah yang bersih.
  5. Untuk memininalkan bau amis, lumuri potongan daging ayam tersebut dengan menggunakan air jeruk nipis dan juga garam. Sisihkan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit sembari kita menyiapkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk mengolah Resep Ayam Goreng Bawang Putih  tersebut.

 

Membuat Ayam Goreng Bawang Putih


  1. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan tersebut ke dalam mangkok. Campurkan dengan baking powder, garam, tepung maizena dan juga saus tiram. Silakan diaduk hingga merata sehingga semua bahan yang ada di dalam mangkuk itu menjadi tercampur secara merata.
  2. Masukkan potongan demi potongan ayam ke dalam mangkok berisi campuran bumbu ini dan kemudian kembali diamkan selama sekitar 20 menit.
  3. Silakan taburkan bawang putih yang telah dimemarkan dan juga garam sedikit saja. Lalu sisihkan.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga panas secara merata. Masukkan potongan ayam dan silakan goreng mingga matang dan berwana kecoklatan. Akan lebih baik bila menggorengnya menggunakan api sedang agar ayam tidak cepat menjadi gosong.
  5. Masukkan sisa bawang putih yang telah dimemarkan dan goreng hingga tercium bau harum dan ayam serta bawang putih menjadi lebih kering.
  6. Ayam goreng bawang putih lezat dan spesial pun siap untuk disajikan

Itulah beberapa langkah untuk membuat Resep Ayam Goreng Bawang Putih yang lezat dan nikmat. Tidak sulit untuk mempraktikkan resep ini di dapur dan rumah kita. Masakan ini sangat cocok untuk disajikan sebagai masakan keluarga dan disantap selagi hangat-hangatnya.
 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages