Resep Ikan Tuna Bumbu Pedas Nikmat Menggugah Selera - FoodShípǔ
Resep Ikan Tuna Bumbu Pedas Nikmat Menggugah Selera



Foodshipu - Ikan Tuna merupakan salah satu kenis ikan yang kaya akan magnesium, selenium dan fosfor yang penting bagi tubuh manusia. Ikan Tuna juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan manusia. Dia adalah sumber protein yang cukup baik, mengandung asam lemak baik dan juga berbagai omega-3. Ada berbagai macam proses pengolahan Ikan Tuna. Pada tulisan ini, akan disajikan Resep Ikan Tuna Bumbu Pedas yang nikmat dan menggugah selera.

Gurih dan nikmatnya ikan tuna yang dipadukan dengan cita rasa pedas tentu akan semakin menjadikan sajikan olahan Resep Ikan Tuna Bumbu Pedas ini menjadi sajian yang cukup istimewa. Olahan ini merupakan salah satu jenis masakan keluarga yang sangat cocok untuk dimasak dan disajikan bersama keluarga tercinta. Namun, meskipun belum punya keluarga, tidak ada salahnya juga kok untuk mencoba olahan resep yang satu ini.


Bahan Resep Ikan Tuna Bumbu Pedas
 


Untuk membuat sajian Ikan Tuna Bumbu Pedas ini, diperlukan sejumlah bahan-bahan yang cukup penting. Beriku adalah sejumlah bahan Resep Ikan Tuna Bumbu Pedas :

Bahan-bahan utama :
-          250 gram ikan tuna
-          1 sendok the kecap asin
-          3 sendok makan kecap manis
-          1 batang serai yang dimemarkan
-          ¼ sendok teh merica bubuk
-          ½ sendok teh garam
-          500 ml air
-          ¼ sendok the gula pasir
-          Minyak secukupnya (untuk menumis)

Bahan-bahan yang dihaluskan :
-          4 butir bawang merah
-          1 buah tomat
-          4 buah cabai merah besar
-          2 siung bawang putih

Cara Memasak Resep Ikan Tuna Bumbu Pedas

Untuk memasak Ikan Tuna bumbu pedas ini sebenarnya tidak terlalu sukar. Terdapat dua proses yang penting untuk dilakukan yakni pembersihan ikan tuna secara baik dan benar dan juga cara pemasakannya. Berikut ini adalah cara memasak Resep Ikan Tuna Bumbu Pedas,


Cara Membersihkan Ikan Tuna :
 

  1. Cuci bersih ikan tuna tersebut dengan air yang mengalir. Pastikan bahwa kotoran dan kuman yang menempel pada ikan dan juga lender-lendir pada sisik/kulit ikan bisa bersih secara benar dan menyeluruh.
  2. Setelah selesai dicuci, potongan ikan tuna itu membentuk dadu-dadu dengan ukuran potongan yang disesuaikan dengan masing-masing selera.
  3. Jika Anda ingin menghilangkan bau amis pada ikan, maka bisa menambahkan air perasan jeruk nipis, taburan garam dan juga merica pada daging ikan yang telah dipotong tersebut. Hal ini akan bisa menghilangkan bau amis pada ikan dan juga bisa memberikan cita rasa tambahan.
  4. Diamkan ikan selama sekitar 10 hingga 15 menit sebelum dimasak.

 

Cara Membuat Ikan Tuna Bumbu Pedas :

  1. Bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tersebut ditumis bersama dengan serai. Silakan ditumis hingga bumbu yang diolah tersebut mengeluarkan aroma sedap.
  2. Tambahkan sejumlah air dan biarkan hinggah mendidih.
  3. Masukkan Ikan Tuna dan tumis hingga ikan berubah warna menjadi lebih coklat setengah matang dan lebih kaku.
  4. Tambahkan kecap manis, kecap ikan, garam, merica bubuk dan juga gula pasir pada rebusan ikan tuna dan aduk hingga merata.
  5. Masak hingga matang dan bumbu meresap ke dalam.
  6. Tunggu hingga kuah ikan menyusut dan lebih mengental
  7. Ikan Tuna Bumbu Pedas pun siap untuk disajikan.

Itulah beberapa langkah untuk mengolah Resep Ikan Tuna Bumbu Pedas  yang bisa dilakukan di rumah. Langkah pengolahan yang sebenarnya tidaklah rumit untuk dilakukan.

Penutup

Itulah Resep Ikan Tuna Bumbu Pedas. Untuk mempercantik penyajian masakannya bisa ditambahkan taburan bawang goreng dan juga potongan cabai di atasnya. Masakan ini sangat cocok disajikan untuk makan malam bersama keluarga. Disajikan ketika masih hangat akan menambah cita rasa masakan ini semakin menggoda.


 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages