Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali Yang Menggugah Selera - FoodShípǔ

Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali Yang Menggugah Selera

Share This
Resep Sate Lilit Ayam


Warisan kuliner Nusantara memang tidak terhitung jumlahnya. Berbagai macam jenis dan varian cita rasa tersebar dari Sabang hingga Merauke. Masing-masing memiliki cita rasa tersendiri.

Kali ini FoodShipu akan kembali mengulik salah satu masakan khas warisan Nusantara. Namanya adalah Sate Lilit Ayam dari Pulau Dewata.

Sate Lilit Ayam dari Bali ini merupakan salah satu jenis makanan yang cukup populer di Bali. Tertarik untuk bisa membuat Sate Lilit Ayam Khas Bali ini?

Untuk membuat Sate Lilit Ayam Khas Bali ini tidak rumit kok. Nah mau tahu caranya? Yuk langsung aja kita ulik resep dan cara pembuatan Sate Lilit Ayam Khas Bali.


Bahan Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali :


- 300 gram daging ayam yang telah digiling halus
- 6 sendok makan kelapa parut (sebaiknya jangan gunakan kelapa yang terlalu tua)
- 10 buah batang serai yang akan digunaakn untuk tusuk sate
- kaldu ayam bubuk secukupnya (khusus bahan ini bersifat opsional, bisa dihilangkan jika Anda tidak menyukainya)
- garam secukupnya

Bahan Bumbu Halus Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali :


- 1 batang serai yang diambil bagian putih saja
- 1/2 sendok teh ketumbar
- 1/2 sendok teh merica
- 5 cm lengkuas
- 3 butir kemiri yang telah disangrai
- 4 cm kunyit
- 5 cm jahe
- 5 cm kencur
- 3 buah cabai merah besar yang telah dibuang isinya
- 4 siung bawang putih
- 7 siung bawang merah

Langkah Pembuatan Sate Lilit Ayam Khas Bali :


1. Daging ayam yang telah digiling, dicampurkan dengan kelapa yang telah diparut, garam dan juga bumbu halus. Campurkan semua bahan tersebut hingga merata.

2. Kepal sedikit adonan tersebut dan kemudian lilitkan di batang serai yang telah dipersiapkan sebelumnya. Lakukan hal ini hingga adonan habis.

3. Panaskan teflon yang telah diberikan sedikit minyak. Masak sate lilit hingga matang. (Jangan lupa untuk membolak-balik sate ayam tersebut selama proses pemasakan)

4. Sebagai alternatif tambahan, setelah dimasak di teflon maka sate lilit tersebut dapat juga dipanggang kembali agar rasa sate menjadi lebih menggoyang lidah.

5. Sate Lilit Ayam Khas Bali siap untuk disajikan dan dinikmati.

Itu tadi ulasan mengenai resep sate lilit ayam khas Bali yang rasanya siap menggoyang lidah. Tidak rumit kan untuk membuatnya? Yuk langsung aja mencoba berkreasi dengan menu resep yang satu ini.

Oh ya, sebagi tambahan, sebenarnya Sate Lilit Ayam Khas Bali ini akan terasa lebih sedap bila dinikmati bersama dengan Sambal Matah, Plecing Kangkung dan juga nasi hangat.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages