Resep Sambal Plecing, Sajikan Khas Pulau Lombok - FoodShípǔ

Resep Sambal Plecing, Sajikan Khas Pulau Lombok

Share This
Sambal Plecing lombok

Indonesia memiliki berbagai macam jenis kuliner dengan cita rasa yang unik dan siap menggoyang lidah. Mulai dari ujung barat hingga paling ujung timur memiliki masakan-masakan daerah yang khas dan selalu berhasil memberikan sensasi cita rasa yang unik bagi setiap penggemarnya.

Rendang, Nasi Goreng, dan Sate adalah sebagian kecil dari makanan-makanan Indonesia yang cukup dikenal hingga ke mancanegara. Namun, makanan-makanan lainnya pun tak kalah lezat karena dimasak dengan berbagai varian bumbu dan rempah yang siap memanjakan lidah Anda.

Kali ini, FoodShipu akan membahas salah satu kuliner dari daerah Indonesia Tengah. Lebih tepatnya adalah Pulau Lombok. Pulau yanng dikenal dengan keindahan sunset Pantai Senggigi-nya ini bukan hanya menawarkan berbagai macam panorama yang indah tapi juga siap memanjakan lidah Anda semua dengan berbagai resep masakan yang unik dan khas.

Salah satu yang khas dari Pulau Berjuluk Seribu Masjid ini adalah Sambal Plecing Kangkung. Bila Anda berkunjung ke Pulau ini, maka hampir di setiap rumah makan yang disinggahi, pasti akan menawarkan menu Sambal Plecing Kangkung sebagai menu tambahan.

Penasaran? Tidak perlu jauh-jauh ke Lombok kok untuk bisa mencicipi salah satu masakan Khas dari masyarakat Suku Sasak ini. Yuk langsung aja kita ulik mengenai resep dan cara pembuatan Sambal Plecing Kangkung ini.

Bahan-Bahan Pembuatan Sambal Plecing Kangkung :


  • 40 gram bawang merah yang dikupas
  • 175 gram cabai merah besar yang telah diambil bijinya. Potong masing-masing menjadi dua bagian.
  • 20 gram cabai rawit merah
  • 2 gram garam laut
  • 65 gram tomat merah lokal yang dpotong menjadi empat bagian
  • 70 gram minyak goreng
  • 6 hingga 8 gram air jeruk nipis
  • 8 gram terasi bakar
  • 8 gram gula merah

Cara Pembuatan Sambal Plecing Kangkung :

  1. Siapkan cobek yang akan digunakan untuk membuat sambal. Masukkan bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit merah dan juga garam. Lalu tumbuk/uleg sampai halus.
  2. Tambahkan tomat yang telah dipotong tersebut dan uleg kembali hingga tomat menjadi hancur dan menyatu dengan cabai dan juga garam.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan lalu tumis sambal tersebut hingga harum.
  4. Masak hingga matang dan berminyak lalu tambahkan terasi bakar dan juga gula merah.
  5. Aduk hingga merata sembari tetap terus dimasak.
  6. Setelah tercampur secara merata, matikan api dan kemudian tambahkan air jeruk nipis. Lalu aduk hingga merata.
  7. Sambal plecing siap disajikan. Tambahkan sayuran rebus yang salah satunya adalah kangkung dan juga taburkan kacang goreng sebagai pelengkap.

Gimana, tidak rumit kan untuk membuat sajian Sambal Plecing khas dari Pulau Lombok? Yuk langsung aja berkreasi dengan resep masakan yang satu ini. Jangan lupa mampir kembali ya untuk artikel dan resep menarik dari Foodshipu lainnya.

Happy Cooking :)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages