Resep Jengkol Balado Bumbu Pedas - FoodShípǔ

Resep Jengkol Balado Bumbu Pedas

Share This
Resep Jengkol Balado Bumbu Pedas


Jengkol adalah salah satu jenis bahan masakan dengan bau yang cukup khas. Tidak sedikit yang menganggap bahwa jengkol memiliki bau yang tidak sedap dan mengganggu. Namun, jika diolah dengan benar, maka kenikmatan jengkol bisa cukup membuat kita merasa ketagihan dengan cita rasa masakan yang satu ini.

Jengkol banyak diolah menjadi berbagai macam jenis masakan. Gulai jengkol, semur jengkol, sup jengkol hingga sambal jengkol balado.

Dari berbagai macam olahan jengkol tersebut, jengkol balado bumbu pedas adalah jenis masakan yang cukup populer di kalangan penikmat kuliner Nusantara.

Penasaran dengan cita rasa jengkol balado bumbu pedas? Yuk langsung aja kita ulik mengenai Resep Jengkol Balado Bumbu Pedas ini.


Bahan-bahan :


- 500 gram jengkol
- minyak goreng secukupnya
- garam dan gula secukupnya
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai yang dimemarkan
- 2 cm lengkuas yang dimemarkan
- 2 sendok makan kopi bubuk

Bahan Bumbu Halus :


- 1 buah tomat merah
- 5 buah kemiri
- 15 buah cabai rawit (silakan disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang ingin dinikmati)
- 10 siung bawang merah
- 5 buah cabai merah
- 5 siung bawang putih

Langkah Pembuatan Jengkol Balado Bumbu Pedas :


1. Rebus air dalam panci hingga mendidih. Masukkan 2 sendok makan kopi dan juga jengkol ke dalam air yang mendidih. Masak jengkol hingga empuk (kopi yang digunakan memiliki fungsi untuk mengurangi bau menyengat dari jengkol).

2. Jika udah empuk, angkat lalu kupas kulit jengkol dan memarkan bila perlu agar jengkol semakin empuk.

3. Siapkan bumbu halus di atas lalu tumis hingga harum. Masukkan dua buah daun salam, serai dan juga lengkuas lalu tumis hingga bumbu menjadi matang.

4. Masukkan jengkol yang udah bersih dan empuk tersebut ke dalam bumbu dan aduk merata. Tambahkan kurang lebih segelas air (100 ml) dan masak dengan nyala api sedang.

5. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Masak hingga kuah berkurang dan bumbu meresap sempurna ke dalam jengkol.

6. Jengkol Balado Bumbu Pedas siap untuk disajikan.

Itulah Resep Jengkol Balado Bumbu Pedas. Tidak sulit bukan untuk membuatnya? Kalau penasaran sama rasanya, yuk langsung aja cobain resepnya di dapur Anda. Mari berkreasi dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages